7 Kiat Untuk Memulai Usaha Sukses, Apa Saja? Cek Di Sini.!!

Anda Ingin terjun ke dalam dunia wirausaha? Apalagi jika anda sekarang masih berstatus sebagai pekerja kantoran atau karyawan yang memiliki penghasilan tetap, jabatan yang lumayan, apakah anda mampu untuk keluar dari pekerjaan sekarang untuk menjadi pengusaha? Hmm.. pasti susah ya..

Oke.. mari kita coba membahas bagaimana kiat-kiat memulai untuk menjadi wirausahawan sukses dan tangguh.




1. Siapkan mental
hal utama dan pertama yang harus disiapkan untuk menjadi wirausahawan adalah mental. Mental yang kuat akan menghantarkan kita kepada kesuksesan. Kekuatan mental ini diperlukan khususnya ketika kita akan memulai berwirausaha. Selain itu, yang namanya wirausaha itu ada naik dan turun (seperti halnya kol*r.. hehe), nah selain siap mental untuk sukses, kita juga harus persiapkan mental jika ada hambatan dan kendala atau bahasa kasarnya gagal. Hmm.. gimana sudah siapkah mentalnya..? 

2. Siapkan ide dan konsep
Setelah kita mempersiapkan mental dengan tekad yang kuat, selanjutnya kita perlukan adalah ide-ide. Mau bergerak dalam bidang apakah kita dalam berwirausaha? ide ini kita bisa ambil dari sekitar kita, kita bisa meniru usaha orang yang sudah sukses tentunya dengan dilakukan inovasi lain yang menjadi ciri khas kita sendiri. Selain ide usaha, konsep usaha juga diperlukan seperti bagaimana kita memulai usaha, produk usaha, jangkauan pasar dan konsumen, siapa yang menjalankan dan seterusnya.

3. Lihat pasar
Lihatlah pasar atau kecenderungan minat konsumen sekarang ini dan dilokasi sekitar anda. Jangan sampai kita menjalankan usaha pada tempat yang salah. Produk yang akan kita kembangkan juga harsu sesuai dengan pasar yang sedang berkembang saat ini.

4. Lakukan inovasi
Berilah pembeda produk hasil usaha anda dengan produk orang lain. Inovasi ini diperlukan sebagai pembeda atau ciri khas kita dengan orang lain. Selain itu lakukan juga cara pemasaran lain dari yang lain, dengan cara yang unik sehingga konsumen bisa mudah mengenal nya. Inovasi ini bisa dalam merek, kemasan, atau rasa (jika usaha makanan).

5. Lakukan riset
Riset ini cukup penting dilakukan terhadap produk yang akan kita kembangkan. Atau riset ini juga bisa dilakukan setelah usaha kita jalan, untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan produk kita. 

6. Siapkan modal (modal keberanian, modal dengkul juga oke) 
Memang tidak dipungkiri  modal ini merupakan salah satu komponen penting dari wirausaha. Namun ketika kita tidak memiliki modal uang dengan nominal tertentu sebenarnya hal tersebut bisa disiasati. Kita bisa meminjam modal usaha ke bank, sekarang ini banyak bank yang menawarkan kredit untuk modal usaha. Atau kita bisa mengajukan proposal dan kosnep usaha kemudian kita ajukan kepada investor. Investor dalam hal ini bisa siapa saja mulai dari keluarga, sodara, teman, atau kerabat kita.

7. Ekseskusi (Do it!!)
Setelah melakukan berbagai persipaan, sudah saatnya kita mengeksekusi apa yang telah disiapkan tersebut. Akan menjadi percuma ketika kita merencanakan suatu usaha dengan sangat matang, namun tidak dilakukan eksekusi. Disinilah peran dari mental yang dibutuhkan. Jangan lupa, diluaran sana juga banyak orang yang memikirkan wirausaha, semakin kita menunda-nunda action, maka peluang tersebut bisa saja terebut oleh orang lain.



Sumber gambar: indobisnisblog.wordpress.com

Related Posts:

0 Response to "7 Kiat Untuk Memulai Usaha Sukses, Apa Saja? Cek Di Sini.!!"

Posting Komentar