KIta Sebagai Pekerja Namun Tidak Ada Waktu Untuk Keluarga?? Efekifkan Jam Kerjamu Atau Berwirausahalah..


"Gajimu tidak akan pernah membeli nikmatnya dekat dengan keluarga. Sibuklah dengan pekerjaan, tapi jangan berlebihan sampai melupakan keluarga di rumah. Ingatlah, mereka tempatmu kembali setelah lelahnya menjalani hari-hari"


Nemu kata-kata di atas yang tersebar di media sosial, yang menjadi viral seolah menggambarkan sebagian besar dari kita dan apa yang kita alami dalam keseharian. Ya betul, alih-alih kita berjuang bekerja untuk keluarga malah sebaliknya bisa sampai melupakan keluarga. 


Terkadang kita bekerja hingga lupa akan waktu, pergi pagi pulang petang bukan petang lagi malah bisa sampai larut malam terkadang gaji pun pas-pasan pula. Sehingga baik disadari atau tidak sangat sedikit waktu yang kita miliki untuk keluarga. Oke kita bisa weekend sabtu minggu bisa libur, iya kalau libur terkadang harus masuk kerja juga. Dan kalaupun libur kita gunakan untuk istirahat dan tidur seharian. So, mana waktu untuk bercengkrama dengan keluarga??? 

Jadi Apa Solusinya???

1. Efektifkan Jam Kerja
Kerjakan pekerjaan yang ditugaskan oleh atasan atau bos kepada kita seepektif dan sefisien mungkin sehingga tidak perlu kita menambah jam kerja diluar jam yang telah ditentukan jika tidak sangat penting  atau urgent sekali. 

Ada yang berpendapat bahwa ketika kita bekerja sampai diluar jam kerja justru kita dipertanyakan epektifitas kerja kita, apakah kita mengelola jam kerja dengan baik atau tidak? Jam kerja kita telah ditentukan oleh perusahaan yang diperkuat oleh peraturan yang ada di negara kita, sehari kita diberi waktu untuk bekerja selama 8 jam atau seminggu 40 jam. Jadi pergunakan lah waktu 8 jam sehari atau 40 jam seminggu tersebut seoptimal mungkin dan idealnya diluar jam tersebut adalah  milik keluarga kita.

2. Mulai Memikirkan untuk Membuka Usaha Sendiri
Keitka waktu kita sudah sangat banyak tercurah untuk pekerjaan kita saat ini, maka mulai lah memikirkan untuk membuka usaha sendiri. 


Dengan melakukan usaha sendiri waktu kita sangat fleksibel tanpa takut di tegur oleh atasan atau boss kita. Tentunya ketika kita menjalankan usaha kita juga harus bisa-bisa mengatur waktu. Waktu mana untuk menjalankan usaha dan waktu mana untuk keluarga. Tapi yang pasti kitalah yang mengatur waktu kita sendiri tanpa diatur-atur oleh orang lain.

Related Posts:

2 Responses to "KIta Sebagai Pekerja Namun Tidak Ada Waktu Untuk Keluarga?? Efekifkan Jam Kerjamu Atau Berwirausahalah.."

  1. Lembur buat cari tambahan bijimane kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adakalanya tambahan jam kerja/ lembur memang diperlukan bang Yosep apalagi kalau dapat tambahan :D.. Tapi jangan keseringan..

      Jangan lupa tambahannya di kasih sama orang rumah ya.. jangan buat orang lain.. :D

      Hapus