7 Cara Ini Bisa Meningkatkan Omset Usaha Anda

Ketika kita mengambil keputusan untuk terjun ke dunia usaha, kita dituntut fokus untuk mengmbangkan usaha kita tersebut. Apalagi ketika kita merintis dari awal usaha kita, hal memerlukan konsentrasi penuh dan kita dituntut full dalam menjalankan usaha kita tersebut. 

Nah, jika usaha yang telah kita jalankan cukup lama namun belum menghasilkan omset yang signifikan mungkin ada penanganan yang kurang ketika kita menjalankan usaha tersebut. Berikut cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan omzet berkali-kali lipat:

1. Dapatkan Reseller
Carilah reseller  untuk menjual produk-produk kita, sehingga bisnis kita akan tersebar semakin luas dan lebih banyak dikenal. Terkadang mencari reseller yang benar-benar dapat dipercaya, tetapi ini justru menjadi tantangan tersendiri bagaimana mendapatkan reseller yang handal. Berikanlah diskon-diskon yang menarik bagi reseller kita agar saling menguntungkan satu sama lain.

2. Lakukan Sistem Dropship
Untuk menarik konsumen dan memperluas jaringan, kita bisa membuka sistem dropship pada pemesanan produk kita. Sistem dropship adalah kita bermitra dengan pihak penjual lainnya, dropshiper bertugas mencari konsumen, lalu setelah mendapatkan konsumen dropshiper tersebut melaporkan produk yang akan dibeli oleh konsumen kepada kita, setelah itu kita mengirimkan produk kepada konsumen tetapi pengirimnya atas nama dropshiper kita. 

3. Melakukan Inovasi Produk
Ketika kita memproduksi sebuah produk, dan ternyata produk tersebut kurang diminati oleh pasar maka disaat itulah kita harus berinovasi untuk membuat produk yang lain. Atau dengan membaut produk yang sama tetapi dilakukan modifikasi produk. Untuk melakukan hal ini kita harus melakukan riset pasar apakah yang sebanarnya produk yang diinginkan oleh pasar.

4. Melakukan Promosi
Ketika kita melakukan usaha dengan menjual produk apapun maka promosi merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Tanpa promosi maka produk kita tidak akan dikenal oleh calon konsumen kita. Dengan berkembangnya dunia internet, kita bisa melakukan promosi usaha kita dengan menggunakan media sosial (BBM, Facebook, Whatsapp dll), website, blog, atau kita bisa membuat toko online. Selain promosi secara online, kita juga bisa melakukan promosi secara offline/konvensional. Promosi offline yang bisa dilakukan seperti membuat selebaran, dan memasang iklan di koran.

5. Titipkan ke Warung atau Toko Disekitar Kita
Cara ini memang cukup klasik dilakukan oleh wirausahawan, tapi cara ini juga terbukti ampuh untuk meengenalkan produk-produk kita. Kita bisa menitipkan produk kita ke toko atau warung-warung sekitar kita. Cara ini juga bisa dijadikan sebagai sarana promosi yang ampuh. Dengan cara ini kita bisa menggunakan sistem konsinyasi, yaitu sistem dimana kita hanya menitipkan produk tanpa harus si empunya produk membelinya terlebih dahulu, kita bisa menawarkan dengan harga dasar kita kepada si empunya warung/toko lalu mereka memnjualnya dengan harga sedikit lebih tinggi, ketika produk tidak laku si empunya warung/toko tidak mengalami kerugian apapun, namun jika laku mereka mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang mereka jual.

6. Jadikan Franchise atau Waralaba
Sistem waralaba atau franchise ini bertujuan sebagai cara untuk kita mengembangkan sayap dan jaringan serta modal. Namun sistem ini diajukan jikalau produk kita sudah cukup dikenal dan memiliki sistem serta ciri khas tersendiri.

7. Membuat Toko Online
Dijaman serba internet ini membuat toko online merupakan salah satu cara ampuh untuk menjaing konsumen. Dengan toko onlline ini kita bisa menjaring kosumen diseluruh penjuru dunia yang tersambung dengan jaringan ini.



Sumber gambar: satryanugroho.wordpress.com

Related Posts:

0 Response to "7 Cara Ini Bisa Meningkatkan Omset Usaha Anda"

Posting Komentar