Tahukah Kamu Perbedaan dari Bisnis MLM dengan Money Game?? Cek Disini...

Pernah dengar bisnis MLM atau Multi Level Marketing? yaa.. benar bisnis yang sedang menjamur di sekitar untuk saat ini. Tapi terkadang sebgian orang justru seperti "alergi" hanya dengan mendengar kata MLM. Karena apa? Bisa jadi karena mereka memiliki pengamalan yang buruk tentang bisnis ini. 




Memang, sekarang ini kita harus hati-hati jika ingin ikut bisnis yang katanya MLM ini. Padahal diluaran sana banyak bisnis yang ngakunya MLM padahal nyatanya adalah bisnis Money Game (MG). Sudah tau kan apa bedanya MLM dan Money Game?

Kalau belum pahan apa perbedaan MLM dengan Money Game, berikut akan dipaparkan sedikit tentang perbedaannya. Cek This Out... (Gaya yaa..) :D

Perbedaan MLM dengan Money Game

Mungkin anda akan mengira bahwa bisnis MLM dengan Money Game itu sama, ternyata terdapat perbedaan lho antara MLM dan MG. Memang sekarang banyak oknum yang membuat bisnis Money Game tapi mengatasnamakan MLM sehingga bisnis MLM jadi tercoreng, dan orang jadi alergi dengan bisnis ini. padahal kedua bisnis ini sangatlah berbeda.

Berikut  adalah Perbedaannya antara MLM dan Money Game menurut APLI yang disadur dari situsnya apli.or.id

1.  MLM terdaftar di APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) dan WFDSA (World Federation of the Direct Selling Associations)

Perbedaan ini sangat jelas, untuk MLM murni pasti mereka akan mendaftarkan diri di APLI dan bahkan di WFDSA untuk lingkup internasional. Sedangkan untuk Money Game mereka tidak terdaftar. Untuk melihat daftar usaha yang terdaftar di APLI bisa lihat DISINI

Jika ada yang menawarkan bisnis atau usaha MLM tapi tidak terdaftar di APLI tersebut, maka WASPADALAH..WASPADALAH...

2. MLM dapat di terima oleh kalangan luas baik itu skala nasional maupun internasional.
Sedangkan untuk bisnis Money Game justru sudah banyak negara yang melarang mereka. Karena Money Game cenderung akan merugikan anggotanya. Khususnya downline yang dibawahnya/terbawah.

3. Bisnis MLM keberhasilan dan kesuksesannya terbuka untuk siapa aja, dari level teratas sampai level terbawah. Untuk MLM seorang downline sangat berkemungkinan menyalip upline nya dari jaringan yang dibinanya, atau produk yang dijualnya.
Sedangkan untuk Money Game akan menguntungkan hanya upline pertamanya saja atau yang daftar lebih awal, karena keuntungan berasal dari uang pendaftaran downlinenya.

4. Di bisnis MLM keberhasilan dan keuntungan tergantung dari usaha yang dijalaninya, seperti pemasaran produknya, pengembangan jaringannya dll. Format member tidak didasarkan pada sistem binary dan menawarkan bonus pasangan, melainkan bonus yang didapat adalah hasil omset penjualan secara keseluruhan. Jadi baik itu jaringannya kanan kiri seimbang atau tidak tetap berpotensi mendapatkan bonus dari hasil penjualan yang ada.

Sedangkan untuk Money Game sistem jaringan berbentuk binary berpasangan, dan akan diperoleh bonus jika kakinya seimbang. Keuntungan dan keberhasilan hanya ditentukan banyaknya member menarik anggota dengan menyetorkan sejumlah uang dari member sehingga membentuk sistem piramida.



5. Dalam sistem MLM murni setiap anggota berhak menjadi Mitra Usaha hanya sebanyak SATU KALI. Jika ada MLM yang menawarkan anda untuk membeli beberapa mitra usaha/ hak usaha, maka anda patut waspada.


Perbedaan ini sangat jelas, Bisnis Money Game biasanya akan menawarkan beberapa Hak Usaha kepada anda, kalau di ibaratkan 1 hak usaha merupakan 1 titik, maka anda diperbolehkan membeli beberapa titik hak usaha tersebut dengan diiming-imingi keuntungan yang lebih besar. Jika anda ditawari bisnis dengan sistem tersebut, maka sekali lagi,, waspadalah.. :D



6. Biaya pendaftaran MLM biasanya tidak mahal, biaya yang kita keluaran tersebut biasanya hanya merupakan biaya administrasi disertai produk atau toolkit yang setara nominalnya dengan harga pendaftaran tersebut.
Sedangkan untuk Money Game biasanya pendaftarannya sangat mahal, serta biaya pendaftaran yang dikeluarkan tidak sesuai dengan apa yang dapat.

7. MLM tidak ada batasan jumlah anggota. Namun perekrutan disesuaikan dengan kemapuan masing-masing.
Sedangkan di Money Game, biasanya ada batasan anggota. Jika mau menambah anggota maka harus membeli atau mendaftar hak usaha lainnya lagi.

8. MLM tidak mengharuskan anggotanya untuk menumpuk atau stock barang. Barang yang dibeli biasanya hanya berdasarkan kebutuhan atau jika ada yang order saja pada anggotanya.
Bisnis Money Game biasanya diharusnya melakukan stock barang dan ada target berbekanja setiap bulannya atau sistem tutup point.

9. MLM terdapat pembinaan terhadap jaringang sehingga SDM nya semakin berkualitas. Serta untuk menjada kredibilitas jaringannya. Jaringan yang ada terus dilakukan pembinaan.
Money Game tidak peduli dengan pembinaan jaringan, yang penting target perekrutan sebanyak mungkin tercapai.

10. MLM memiliki produk yang berkualitas, karena produk pada bisnis MLM adalah hal yang penting dan utama.
Money Game biasanya tidak memiliki produk, atau kalaupun ada produk biasanya produk mereka tidak berkualitas. Hanya sebagai kedok dan harganya pun tidak sebanding.

Nah, sekarang tahu kan perbedaan antara MLM dengan Money Game. Jadi sekarang jika ada yang menawarkan bisnis yang ngakunya MLM cek dulu sistem bisnis mereka sesuai ga dengan kaidah-kaidah MLM yang ada.. :D





Related Posts:

2 Responses to "Tahukah Kamu Perbedaan dari Bisnis MLM dengan Money Game?? Cek Disini..."

  1. semanagat belajar pak dadeng, mampir kesini coba http://goo.gl/A8rDC2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bu Uli.. Terima kasih kunjungannya..
      Oke.. nti saya mampir juga ke sana.. :)

      Hapus