Mau Memulai Wirausaha? Anda Bisa Mencoba Bisnis Waralaba

Ketika kita berpikir ingin memulai untuk berwirausaha, adakalanya kita bingung untuk menjalankan usaha apa. Sebenarnya banyak pilihan atau ide usaha, kita bisa melihat usaha yang sudah dijalankan orang lain. Usaha yang dijalankan orang lain tersebut bisa kita tiru lalu kita modifikasi sesuai dengan gaya kita.

Namun bagi anda yang bingung ingin memulai usaha apa, bisnis waralaba atau franchise bisa menjadi pilihan bagi anda.

Apakah itu bisnis waralaba?

Bisnis waralaba adalah bisnis dimana kita menjalankan bisnis yang sudah dikenal dengan brand tertentu. Kita memperoleh hak untuk memasarkan produk dengan brand tersebut yang pengelolaanya dilakukan oleh kita dengan sistem manajemen yang diatur oleh induknya.

Untuk memulai bisnis ini cukup mudah, kita tinggal menyiapkan tempat yang strategis serta menyiapkan modal dengan jumlah tertentu sesuai dengan jenis franchise yang kita ikuti. Biasanya ada persyaratan tertentu untuk kita memulai ikut sebuah bisnis waralaba.

Didalam bisnis franchise atau waralaba ada 2 pihak dalam hal ini. Franchisor adalah pihak yang memiliki dan menjual hak usaha dan sistem bisnisnya. Franchesee adalah orang atau pihak yang membeli untuk mendapatkan hak dagang dan merek serta sistem usaha dari franchisor. 


Apa keuntungan Ikut Bisnis Waralaba?

Dari bisnis ini keuntungan dirasakan oleh kedua belah pihak. Bagi pihak franchisor keuntungan yang didapat adalah pengembangan sayap dan tambahan modal usaha dengan cara bermitra dengan pihak lain. Sedangkan keutungan bagi pihak franchesee adalah dapat memulai usaha tanpa harus mengeluarkan upaya untuk mengenalkan produk tersebut tinggal menjalankan saja sistem yang sudah dibangun oleh pihak franchisor.

Bagaimana Cara Memilih Produk Franchise yang Baik?

Sekarang ini banyak beredar bisnis franchise yang ditawarkan. Namun, kita selaku calon franchesee harus hati-hati juga dalam memilihnya. Jangan sampai setelah kita memilih sebuah produk franchise malah menyesal. Oleh sebab itu kita harus hati-hati benar dalam memilih franchise. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita memilih franchise, seperti:

- Memilih franchise dengan merek yang sudah dikenal oleh banyak orang
- Memilih franchise yang memiliki kredibilitas yang baik, termasuk kredibiltias pemilik franchise
- Memastikan franchise tersebut memilliki legalitas yang benar
- Memillih tempat yang strategis sebagai tempat kita menjalankan usaha
- Franchise yang dipilih harus tepat sasaran sesuai dengan lokasi yang kita pilih
- Melakukan promosi yang benar

Demikian sedikit ulasan tentang tentang usaha waralaba atau franchise, semoga dapat memberikan gambaran untuk anda yang ingin memulai berwirausaha. 

Semoga bermanfaat..



Sumber: http://peluangusaharumahan.info

Related Posts:

0 Response to "Mau Memulai Wirausaha? Anda Bisa Mencoba Bisnis Waralaba"

Posting Komentar